Soal Pidato Tuai Polemik, Hamdan Zoelva: Kapolri Minta Maaf

 Peristiwa

BERITA89.COM – Soal Pidato Tuai Polemik, Hamdan Zoelva: Kapolri Minta Maaf

 Penggalan video pidato Kapolri Jenderal Tito Karnavian terkait ormas Islam yang viral di media sosial menuai polemik di masyarakat. Syarikat Islam (SI) sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam pun menemui Tito untuk mengklarifikasi maksud pidatonya.

Pertemuan antara Tito dan Ketua Umum SI Hamdan Zoelva bersama beberapa anggota ormas tersebut berlangsung tertutup selama sekitar dua jam di rumah dinas Kapolri, Jalan Pattimura, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (31/1/2018) siang. Hamdan kemudian menyampaikan hasil pertemuan tersebut.

Tadi kami minta klarifikasi tentang pernyataan itu dan menyampaikan kronologi cerita yang cukup lengkap tentang bagaimana pernyataan itu sebenarnya.

Hamdan melanjutkan, pernyataan tersebut disampaikan dalam sebuah pidato pada saat acara bersama NU di Ponpes milik KH Ma’ruf Amin di Banten pada Februari 2017 lalu. Pidato tersebut juga berlangsung selama 26 menit.

Sehingga video yang viral saat ini bukan isi pidato Tito secara utuh. Ada pesan yang terpotong dalam pidato tersebut.

“Yang jadi viral itu adalah bagian pidato yang menurut keterangan Pak Kapolri tidak sesuai dengan jiwa inti yang disampaikan dalam pidato.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menuturkan, Kapolri tidak pernah bermaksud menyinggung ormas Islam lain di luar NU dan Muhammadiyah. Tito, menurut Hamdan, juga tidak bermaksud menyatakan ormas Islam selain NU dan Muhammadiyah merontokkan negara.

“Dan yang dimaksudkan dengan merontokkan negara itu adalah awal pembicaraan yang berkaitan dengan kelompok-kelompok takfiri,.

Sebab situasi politik saat itu cukup panas. Ada beberapa ormas yang dianggap berpotensi merongrong NKRI dan menolak Pancasila sebagai dasar negara. Hanya saja dalam pertemuan itu tak disebutkan ormas mana yang dianggap sebagai kelompok takfiri.

“Dalam terminologi analisis radikalisme, kelompok takfiri itu belum (radikal). Ada yang lebih keras lagi. Takfiri itu cenderung ke sana, tapi tak semua takfiri itu radikal. Tapi tingkatan selanjutnya yang paling bahaya dari takfiri itu adalah radikalisme. Itu yang dimaksud merontokkan negara.

SI pun memahami maksud Tito dalam pidato tersebut setelah mendengar klarifikasi langsung. Klarifikasi ini dilakukan untuk mencegah suasana yang semakin gaduh dan panas. Apalagi Indonesia tengah menghadapi tahun politik.

“Sampai-sampai Beliau (Kapolri) mengatakan kalau memang ada yang kurang, ada yang salah, saya mohon maaf.

Pidato Kapolri

Berikut penggalan pidato Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang tersebar di media sosial dan memicu polemik:

Perintah saya melalui video conference minggu lalu, 2 minggu lalu saat Rapim Polri, semua pimpinan Polri hadir, saya sampaikan tegas menghadapi situasi saat ini, perkuat NU dan Muhammadiyah. Dukung mereka maksimal.

(suara tepuk tangan).Semua Kapolda saya wajibkan membangun hubungan dengan NU dan Muhammadiyah tingkat provinsi. Semua kapolres wajib untuk membuat kegiatan-kegiatan untuk memperkuat para pengurus cabang di tingkat kabupaten-kota.

Para kapolsek wajib, di tingkat kecamatan, bersinergi dengan NU dan Muhammadiyah. Jangan dengan yang lain.

Dengan yang lain itu nomor sekian. Mereka bukan pendiri negara, mau merontokan negara malah iya.

Tapi yang konsisten dari awal sampai hari ini itu adalah NU dan Muhammadiyah. Termasuk hubungan. Kami berharap hubungan NU dan Muhammadiyah juga bisa saling kompak satu sama lainnya.

Boleh beda-beda pendapat, tapi sekali lagi kalau sudah bicara NKRI, mohon, kami mohon dengan hormat, kami betul-betul titip kami juga sebagai umat muslim, harapan kami hanya kepada dua organisasi besar ini.

Selagi NU dan Muhammadiyah itu menjadi panutan semua umat Islam Indonesia, kita yakin negara kita tidak akan pecah seperti Siria, Irak, Libia, Mesir, tidak akan bergolak. Karena dua tiang ini jelas, ideologinya jelas, sangat pro-Pancasila.

 

 

WELCOME TO WWW.HOKIBET89.COM
 
Hanya disini www.hokibet89.com bos , tempatnya para member bermain dan menjadi jutawan bersama kami.
Kami memberikan bukti , bukan hanya janji !!
 
Tunggu apalagi bos??
 Yuk join dan menang bersama kami.
Website Online terbaik , terbesar se ASIA. Lapak judi online .No 1 termewah dan elit yang pernah ada!!
 
Proses depo wd cepat DAN Dengan mega bonus yang menarik!!
 
 
Dengan pelayanan cs yang : 
 
professional , baik , ramah , perhatian , dan bisa memberikan saran dan solusi yang tepat pada bossku jika mengalami kendala seputar games!!
 
Bank yang tersedia :
 
BCA MANDIRI BNI BRI 
fair play!!
Real player 100%
 
Tunggu apalagi? Daftarkan diri anda sekarang!! 
Mari menang bersama !!
 
Kunjungi kami di www.hokibet89 . com
 
untuk Info Lebih lanjut 
Langsung saja ke LiveChat kami^^ 
 
Contact Us :
 
*TWETT : @luckybet89
*LINE : luckybet89
*WA : +6287867388989
*WECHAT: luckybet_89
*BBM : lucky89 / 5C53064C
*IG : @luckybet89

Author: 

Related Posts

Comments are closed.