Wow, Samsung DeX Bisa Ubah Smartphone Menjadi Komputer Lho, Begini Caranya!

 Teknologi

BERITA89.COM – Kata, ‘keren’ dan ‘canggih’ mungkin cocok sekali untuk mewakili gadget yang satu ini. Perusahaan digital yang satu ini baru saja merilis sebuah perangkat untuk melengkapi aksesoris Samsung galaxy S8 dan juga S8+.

Adalah Samsung DeX yang merupakan sebuah perangkat yang bisa mengubah fungsi smartphone menjadi fungsi desktop. Perangkat yang satu ini pun berbentuk kecil dan juga portable yang bisa mengubah Samsung S8 menjadi desktop mode di layar monitor computer.

 

Pengguna pun juga bisa mengakses beragam aplikasi, menonton viode, menjelajah internet secara langsung dari aplikasi di smartphone melalui layar yang lebih besar, support dengan keyboard dan juga mouse.

 

Fungsi dari Samsung DeX ini pun nampaknya juga terdengar sangat mirip dengan Continuum dari Microsoft. Namun, pihak Samsung sendiri telah menjadi satu perusahaan pertama yang bereksperimen dengan layar split dan fungsi layar terpisah.

Samsung DeX
Copyright©Androidauthority

Sebenarnya teknologi ini pun telah direncanakan semenjak Samsung Galaxy Note II. Aksesori ini pun juga dihubungkan dengan monitor melalui port HDMI. Namun pengguna juga bisa memanfaatkan bluetooth , keyboard, dan juga mouse yang mendukung USB atau RF.

Sementara itu sejumlah aplikasi dari smartphone akan dioptimalkan untuk tampilan desktop seperti pada Microsoft Office dan juga beberapa aplikasi Adobe, termasuk juga untuk default browser internet selain Google Chrome.

Pengguna juga dapat menjalankan banyak aplikasi sekaligus mengubah ukuran jendela aplikasi yang seang dijalankan dengan Samsung DeX ini. Samsung DeX Stasion memiliki dua port USB 2.0, Ethernet, USB Tipe C dan juga kipas sebagai pendungin.

Samsung DeX
Copyright©mobilefun

Perangkat ini pun juga dilengkapi dengan fast charging yang memungkinkan smartphone tetap terisi saat terhubung. Seperti halnya ini akan menjadi masa depan di dunia computer, dimana kita tak lagi memerlukan CPU lagi.

Hal ini karena smartphone kita lah yang akan menjadi CPU-nya. Tentu hal ini akan menurunkan penjualan PC di masa depan, bahklan sekarang pun penjualan PC sudah menurun drastic karena maraknya smartphone dan juga harga laptop yang semakin murah.

Adapun fitur dari Samsung DeX antara lain:

  1. Fitur utama menjadikan aplikasi di smartphone tampil dalam bentuk mode desktop di layar PC.
  2. Built in Cooling Fan, sudah ada kipas pendingin didalamnya jadi tak perlu takut smartphone kamu menjadi panas.
  3. Berfungsi sebagai charger, saat smartphone kamu diletakkan di perangkat ini maka secara otomatis baterai akan terisi.
  4. Mendukung banyak port.
  5. Untuk harga pemasaran, Samsung DeX dijual dengan harga 150 Euro atau setara dengan Rp 2,1 Juta.

Author: 

Related Posts

Comments are closed.